Cara Melindungi Rumah Dari Bakteri Dan Virus

Spread the love

Menjaga kondisi rumah agar terlihat selalu bersih memang suatu kewajiban yang harus terus diakukan. Tempat tinggal yang bersih tentu berdampak pada penghuninya yang bisa terbebas dari segala macam penyakit. Jika rumah kalian kotor tentunya tidak akan nyaman untuk ditinggali dan bisa saja menjadi sarang penyakit.

Berikan Perlindungan Ekstra Pada Rumah

Terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini tentu saja kalian harus memberikan perlindungan ekstra terhadap rumah kalian agar bisa terbebas dari berbagai macam virus dan bakteri. Pembersihan rumah tidak cukup hanya dengan menyapu maupun mengepel lantai, namun kalian juga harus membersihkan berbagai macam benda di dalam rumah.

Cara Membersihkan Permukaan Benda

Tanpa kalian sadari permukaan benda menjadi sangat kotor karena banyak disentuh namun sangat jarang dibersihkan. Padahal benda yang sudah kotor tadi bisa menjadi sarang penyakit, bagi kalian yang tidak mengetahui bagaimana membersihkan benda di rumah secara efektif maka berikut ini adalah caranya.

  • Bersihkan Benda Yang Sering Disentuh

Langkah pertama tentu saja pilih mana saja benda yang sering disentuh untuk nantinya dilakukan pembersihan. Beberapa contoh benda yang sering disentuh seperti gagang pintu, handrails tangga, gagang kulkas dan masih banyak lainnya. Benda yang sering disentuh tadi tentunya akan lebih rentan menyebarkan virus karena merupakan perantaranya.

  • Gunakan Handuk Bersih

Cara untuk membersihkannya kalian gunakan saja handuk bersih dengan air sabun. Cara ini tergolong efektif membersihkan kotoran dari permukaan benda. Saat proses pembersihan sangat disarankan untuk menggunakan sarung tangan plastik yang sekali pakai. Nanti jika sudah dipakai sebaiknya langsung buang ke dalam tempat sampah tertutup dan jangan digunakan kembali.

Hal ini penting untuk diperhatikan apalagi sangat disarankan untuk tidak menyimpannya. Seperti yang kalian ketahui virus yang tadinya ada pada permukaan benda akan berpindah ke sarung tangan plastik, jika kalian terus menyimpannya dikhawatirkan akan terjadi perpindahan virus.

  • Gunakan Cairan Disinfektan

Membersihkan benda saja sepertinya kurang maksimal, agar memberikan perlindungan yang lebih besar maka jangan lupa untuk menyemprotkan cairan disinfektan. Pastikan jika kandungan alkohol dalam cairan itu sebesar 70%, pastikan juga jika cairan yang digunakan tidak kadaluwarsa.

Untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan namun harus mengikuti instruksi penggunaannya. Biasanya ketika kalian akan membersihkan bagian permukaan benda pastikan jika bagian permukaannya basah dalam jangka waktu beberapa menit agar cairannya bekerja.

Pada saat melakukan sterilisasi menggunakan disinfektan pastikan anak-anak dan hewan peliharaan tidak ada berada di sekitarnya. Agar lebih aman lagi pastikan jika cairan tersebut benar-benar kering baru anak-anak dan hewan peliharaan baru boleh mendekat.

  • Semprotkan Disinfektan Setiap Hari

Setelah kalian melakukan penyemprotan menggunakan disinfektan lalu jangan merasa aman dan tidak melakukan pembersihan lagi. Pastikan jika kalian melakukan pembersihan dan penyemprotan cairan disinfektan secara rutin. Terlebih lagi jika ada anggota keluarga ada yang sedang sakit maka pembersihan 1 kali sehari sangat dianjurkan.

  • Bersihkan Alat Pembersihan

Hal lain yang perlu kalian ingat adalah spons maupun kain basah yang digunakan untuk pembersihan tadi sebaiknya dicuci dengan menggunakan air bersuhu 60 derajat Celcius. Sedangkan untuk spons kalian bisa merendamnya dengan air mendidih dan jangan lupa campurkan sedikit cairan disinfektan.

Jadi itulah beberapa cara yang harus kalian pahami mengenai cara pembersihan dan juga penyemprotan disinfektan pada permukaan benda. Bagi beberapa orang mungkin hal ini tergolong merepotkan terlebih bagi yang tidak biasa melakukannya, namun percayalah cara ini terbukti efektif untuk melindungi rumah dari beragam serangan virus dan bakteri.

Related Post