Kenali Beragam Manfaat Puasa Untuk Tubuh

Spread the love

Sebagian besar beranggapan jika aktivitas berpuasa merupakan sebuah kegiatan keagamaan saja, akan tetapi tahukah kalian ternyata ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kalian dapatkan dari berpuasa. Tuakah kalian jika puasa ini juga sering digunakan sebagai salah satu metode diet yang dikenal dengan istilah interminten fasting.

Perubahan Kondisi Tubuh Saat Berpuasa

Pada saat melakukan aktivitas berpuasa ternyata kondisi tubuh mengalami perubahan yang sesuai dengan lamanya waktu puasa. Penyerapan nutrisi yang dilakukan oleh tubuh biasanya akan terserap dalam kurun waktu 6 hingga 8 jam, jadi dengan kata lain tubuh bisa berpuasa ketika diberikan asupan terlebih dahulu.

Melihat hal itu maka bagi kalian yang akan melaksanakan puasa sebaiknya jangan lewatkan sahur. Makanan yang dikonsumsi pada saat sahur juga utamakan makanan bergizi karena ini sangat penting untuk menjaga tubuh tetap fit saat berpuasa.

Saat kondisi normal sumber energi utama yang digunakan tubuh adalah gula dan didapatkan melalui proses metabolisme gula atau karbohidrat yang ada pada hati maupun otot. Maka selama berpuasa asupan gula tadi akan digunakan untuk sumber energi bagi tubuh.

Nantinya jika sumber energi tadi tidaklah cukup maka protein pada otot akan dibakar untuk menghasilkan energi pada tubuh. Untuk fase terakhir yang akan dilalui yaitu kelaparan namun tenang saja fase ini hanya akan dilewati terutama bagi kalian yang tidak berbuka puasa selama berhari-hari lamanya.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui sepintas mengenai sumber energi yang didapatkan selama puasa tentu saja hal yang harus kalian ketahui mengenai manfaatnya. Bagi kalian yang berpuasa akan ada banyak manfaat baik untuk kesehatan seperti berikut ini.

  • Menurunkan Berat Badan

Manfaat pertama yang tentunya sudah tidak asing lagi adalah mampu menurunkan berat badan. Tidak hanya menurunkan, namun puasa juga berperan dalam menjaga berat badan tubuh tetap ideal. Puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh jadi pembakaran lemak serta kalori dalam tubuh ikut mengalami peningkatan sehingga kalian bisa terhindar dari obesitas.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang secara rutin melakukan puasa selama 1 bulan ternyata memiliki risiko yang kecil untuk terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan lainnya.

Hal ini dikarenakan orang yang menjalankan puasa dinilai mampu mengatur pola makan menjadi lebih baik dan sehat. Orang yang berpuasa akan terhindar dari makanan yang berkalori maupun berkolesterol dengan lebih terkontrol dan juga memiliki metabolisme yang lebih bagus.

  • Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Penelitian pada hewan mengatakan bahwa dengan berpuasa maka sel-sel kanker bisa dicegah pertumbuhannya. Saat berpuasa laju pembelahan sel pada tubuh termasuk sel kanker akan menjadi berkurang dikarenakan terbatasnya asupan nutrisi.

Tidak hanya itu saja melainkan metabolisme yang bagus juga memiliki peran agar sel kanker tidak mudah tumbuh. Namun untuk merasakan manfaat yang satu ini kalian juga harus menyeimbanginya dengan pola hidup sehat dan juga mengonsumsi beragam makanan bergizi.

  • Mengatasi Gangguan Mental

Bagi kalian yang mengalami gangguan kesehatan mental seperti kecemasan maka bisa menjadikan puasa sebagai salah satu alternatif penyembuhannya. Puasa dinilai mampu menurunkan kadar hormon kortisol atau stres dan nantinya mampu merangsang hormon endorphin. Hormon endorphin tadi sangat berguna meredakan kecemasan dan tentunya akan membuat pikiran lebih tenang.

Jadi itulah beberapa manfaat yang akan kalian dapatkan ketika berpuasa. Bagi kalian umat Islam yang sering menjalankannya tentu saja akan sangat bagus karena selain sebagai sarana beribadah kalian juga akan merasakan dampak baiknya bagi tubuh.

Related Post